Senin, 24 Mei 2021

Pendapat Siswa Terhadap Pembelajaran Daring

Assalamualaikum wr.wb 

Nama : Ahista Larian Ibra Gavini (2) 

Kelas : XI IPS 2 

Menurut saya pembelajaran jarak jauh ini cukup efektif karena pembelajaran daring ini adalah salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran covid 19. Penularan dan penyebaran covid 19 yang sanagat cepat memaksa semua orang untuk membatasi interaksi sosial. Sehingga dapat dikatakan bahawa dengan menerapkan pembelajaran daring akan memberi peningkatan keamanan dan keselamatan. Selain itu biaya pembelajaran lebih efisien. Misalnya biaya transportasi dari rumah ke sekolah. Dengan adanya pembelajaran daring kita bisa menghemat uang yang seharusnya untuk biaya transportasi namun dapat digunakan untuk kepentingan yang lainnya. 


Namun menurut saya, pembelajaran daring ini juga memiliki kekurangan nya seperti siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru karena keterbatasan interaksi. Selain itu tidak semua siswa memiliki dan mampu mengakses peralatan yang dibutuhkan, dan pembelajaran daring ini terlalu banyak distraksi yang bisa mengganggu konsentrasi siswa saat belajar. 


Pembelajaran daring ini memiliki metode penilaian, yang pertama yaitu ujian atau ulangan harian. Ujian atau ulangan harian yang diberikan guru kepada peserta didik bisa menjadi acuan dalam penilaian pembelajaran daring. Karena bobotnya lebih besar dibandingkan tugas. Yang kedua ada keaktifan siswa dalam belajar. Penilaian daring dapat dilakukan lada keaktifan siswa dalam berdiskusi, bertanya serta memberi komentar dalam belajar. Dan yang terakhir ada tugas. Melalui tugas guru dapat melihat konsistensi siswa dalam mengerjakannya. Namun, apabila metode ini dilakukan dengan periode yang lama maka cukup melelahkan dan membosankan bagi peserta didik.


Pada musim pandemi, faktor-faktor yang mempengaruhi menurunnya minat belajar siswa bukan hanya karena fasilitas yang kurang memadai, salah satunya adalah kurangnya partisipasi guru dalam proses mengajar. Rapat hanya melalui layar rapat yang dapat diperbesar, pertemuan Google, whatsapp, atau platform digital lainnya akan membuat siswa merasa kurang terlibat dalam proses pengajaran yang sedang berlangsung.


Oleh karena itu, menurut saya pembelajaran daring memerlukan beberapa metode kreatif untuk mengatasinya, seperti metode hiburan yang dapat membantu meningkatkan preferensi materi, kesenangan dan minat yang lebih besar pada metode hiburan. Misalnya siswa dituntut untuk menonton, membaca novel, mengapresiasi pertunjukan drama, dsb. Berdasarkan materi yang diujikan untuk memperoleh informasi pembelajaran agar lebih menyenangkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendapat Siswa Terhadap Pembelajaran Daring

Assalamualaikum wr.wb  Nama : Ahista Larian Ibra Gavini (2)  Kelas : XI IPS 2  Menurut saya pembelajaran jarak jauh ini cukup efektif karena...